Teknik-Teknik Induksi Lucid Dream

*UPDATE: 
Silahkan Tambahkan kami melalui Line Official melalui link berikut: http://line.me/ti/p/%40ewd1761o
Kami akan berusaha kembali update disana! Lebih lanjut, silahkan baca tautan berikut: Akun Line Official

Pada umumnya teknik induksi ini dibagi secara 2 garis besar :

Wake Induce, adalah teknik masuk lucid dream dengan induksi kesadaran. (wake).
Dream Induce, adalah teknik masuk lucid dream dengan induksi mimpi. (dream).

--------------------------------------

  • WAKE INDUCE

A. WILD (Wake Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang dilakukan dengan 'kesadaran' orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dimana akan langsung terhubung ke dunia lucid.
* Langkah-langkah :
1. Relaks, dan tanamkan secara tegas sebelum tidur bahwa 'saya akan melakukan lucid dreaming'.
2. Pejamkan mata, visualisasikan hal yang tidak membutuhkan imajinasi atau emosi tinggi (seperti gradasi warna, landscape, dll). Tetap usahakan diri anda agar tetap terjaga dan tidak terbawa untuk masuk ke deep sleep.
3. Nikmati segala fase yang dirasakan, entah itu getaran/tarikan/dll. Jangan pernah berontak ketika fase ini terjadi.
4. Anda akan segera masuk ke fase sleep paralyze, hal terpenting adalah jangan memunculkan rasa takut anda sedikit pun disini. Ini fase dimana anda seolah terbangun, tetapi tidak dapat menggerakan anggota tubuh anda.
5. Tunggu beberapa saat. Tidak lama kemudian anda akan merasa terjatuh ke dalam lubang dan visualisasi anda akan blur/gelap.
6. Sekarang silahkan coba gerakkan anggota tubuh anda, berhasil bukan?

B. FILD (Finger Induced Lucid Dream), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama hargarts. Teknik ini dilakukan dengan bantuan gerakan-gerakan jari yang akan membantu kita untuk masuk ke fase lucid.
* Langkah-langkah :
1. Set alarm sekitar 2-3 jam setelah anda tertidur, lalu bangun.
2. Cobalah relaks, pejamkan mata.
3. Sekarang gerakkan jari jemari anda (jari telunjuk & tengah) keatas dan kebawah seolah anda sedang bermain piano. Lakukan dengan perlahan tanpa mengeluarkan energi berlebih.
4. Setelah sekitar 20-30 detik, lakukan reality check dengan cara nose plugging (menutup lubang hidung), jika anda bisa bernafas, berarti anda telah masuk ke dalam dunia lucid. Tapi jika anda gagal, cobalah tidur selama beberapa menit terlebih dahulu, lalu ulangi cara ini dari awal.

C. CILD (Chakra Induced Lucid Dream), adalah teknik yang menggunakan bantuan Third Eye Chakra untuk mencapai fase lucid dream. Posisi mata ketiga ada di antara kedua alis mata.
* Langkah-langkah :
1. Posisikan mata anda ke Third Eye, perhatikan baik-baik, tahan posisi mata anda dan pejamkan.
2. Setelah terpejam afirmasikan diri anda bahwa saya akan melakukan lucid dreaming, lalu visualisasikan diri anda sedang berada pada fase lucid.
3. Jika setelah kira-kira 3 menit anda belum juga tertidur, buka mata, kembalikan dalam posisi normal dan cobalah kembali tidur.
P.S : Teknik ini belum tentu cocok untuk semua orang, jika dirasa kurang nyaman dimohon untuk tidak dilakukan.

D. EILD (Electrical/External Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan alat bantu eksternal untuk mencapai fase lucid dream. Contohnya seperti Googles Nova Dreamer, Vibrating Watch, Brainwaves, dan program/alat induksi lainnya.


  • DREAM INDUCE

A. DILD (Dream Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan 'kepekaan' diri terhadap mimpi untuk mencapai fase lucid dream. Atau dengan kata lain ketika anda sedang bermimpi, anda sadar ini adalah mimpi, dan dengan keinginan untuk lucid dream, anda akan masuk dan dapat melakukan dream bending.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal.
2. Selalu berpikir kritis dan logis. Sehingga ketika anda sedang bermimpi muncul suatu hal yang tidak rasional (seperti bertemu orang yang sudah meninggal/berbicara dengan makhluk lain), anda akan langsung tersadar dan berkata, "Ini mimpi!", lalu cobalah untuk menggerakan anggota tubuh anda.
* Alternatif :
1. Biasakan melakukan Reality Check, karena RC adalah salah satu penyebab besar terjadinya lucid dream. Khususnya ketika bangun tidur atau ketika anda berada di tempat tidur, hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya false awakening.
2. Membuat sign, umumnya berupa sebuah coretan huruf/kata di anggota tubuh (lengan) menggunakan pena/pisdol. Terus ingat selalu tanda tersebut, tanamkan kedalam memori anda bahwa "Jika saya bermimpi tanda ini akan selalu muncul". Jika komunikasi alam bawah sadar berhasil, niscaya anda akan dapat menemukan tanda itu ketika dalam mimpi.

B. DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan kesadaran diri pada fase REM untuk mencapai fase lucid dreaming.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. (sebelumnya pastikan bagi yang ingin menggunakan teknik ini sudah memiliki dream recall yang cukup baik)
2. Teknik ini didasari pada fase REM, ketika anda bermimpi berarti anda berada pada salah satu perputaran fase REM. Jadi usahakan diri untuk terbangun ketika fase REM/mimpi itu selesai, tetapi jika dirasa sulit set alarm/Lucid Timer sekitar 3 - 4 jam setelah anda tidur. (usahakan menggunakan suara reminder/alarm yang soft [jangan lupa juga set alarm akan mati secara otomatis setelah 1 - 2 menit])
3. Ketika alarm soft ini berbunyi anda akan berada pada posisi 'antara bangun dan tidak'. Tetapi ingat, jangan melakukan gerakan apapun! Hal ini ditujukan agar tubuh masih bisa kembali ke fase REM dengan kesadaran, atau dengan kata lain masuk mimpi dengan sadar dan anda akan dapat melakukan lucid dream.
4. Niknmati semua fase yang dirasa, karena teknik ini umumnya juga melewati sleep paralyze tetapi dalam waktu yang lebih singkat. Teknik ini juga bisa kita sebut dengan 'Short WILD'.

C. MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan afirmasi dan mimpi yang sebelumnya telah terjadi.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. (sebelumnya pastikan bagi yang ingin menggunakan teknik ini sudah memiliki dream recall yang cukup baik)
2. Sebelum tertidur, tanamkan kepercayaan kepada pikiran alam bawah sadar bahwa nanti ketika bermimpi anda akan lekas terbangun dan mengingat segala detail dan dream sign mimpi. (dapat juga dengan memasang alarm 4 - 4.5 jam setelah kita tidur)
3, Setelah terbangun, langsung catat mimpi yang tadi kalian alami di sebuah buku (Dream Journal), usahakan untuk melakukan dream recall dengan sebaik mungkin.
4. Cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan usahakan untuk masuk kembali dalam mimpi tersebut untuk 'melanjutkan' mimpi yang sudah kalian alami. Sebut secara konstan dalam hati: "Ketika nanti saya bermimpi, saya akan sadar, dan saya akan melakukan lucid dreaming".
5. Ingat, selalu aware untuk segala dream sign dan melakukan reality check .
5. Welcome to the dream world!


*NOTE : Semua teknik induksi diatas dianjurkan dilakukan dengan menggunakan bantuan WBTB.

A.1. WBTB (Wake Back To Bed), dalam aplikasinya WBTB dapat dilakukan untuk mengoptimalkan semua teknik-teknik lucid dreaming. Teknik ini mengaharuskan anda untuk tidur sebelumnya, dan setelah 3-4 Jam bangunlah sebentar, minum segelas air putih. Lalu lanjutkan tidur anda dengan menggunakan teknik induksi yang anda inginkan.

272 Responses so far.

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 272   Lebih baru›   Terbaru»
  1. vankamal says:

    Lagi nyoba-nyoba nih ;)

  2. Baru mau belajar LD mudah2an bisa...

  3. yue erura says:

    saya sering lucid dream yang tidak disengaja,tapi kalo saya coba lucid dream slalu gagal di tahap sleep paralyze. kebanyakan ngalamain lucid dream sich kalo pas malem kbangun trus tdr lagi biasanya saya ngalamin lucid dream.

  4. alle says:

    saya sudah mengalami lucid dream dimulai dari saya duduk dibangku smp sekitar 1996 an dan saat ini saya sudah sampai ke tahap Astral Projection, dan tips and trik saya sebelum LD agar lebih mudah jika kita berolah raga dahulu kurang lebih 2 jam sebelum tidur, lalu dibantu juga dengan mengkonsumsi buah pisang (dianjurkan sunpride atau pisang dengan kualitas bagus),

  5. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  6. Aku termasuk orang yang gampang Lucid dream. Pengalaman sih bisa ada 2 teknik. Yang pertama niat mau lucid dream, pakai acara sleep paralysis segala. Baru kita bisa lucid. Yang kedua kalau tiba2 kita bermimpi dan langsung sadar di mimpi kalau "itu cuma mimpi". Aku bisa langsung gonta ganti skenario mimpi, bisa terbang, ketemu orang, sama menciptakan sesuatu.

    Asyik pokoknya. :)

    Makasih udah membuat web tentang ini. :)

  7. atas: bangunya gampang.. nahan supaya gak bangun yang susah

  8. dalam minggu ini sudah 2 kali, tapi sering juga

  9. @gilangnp says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  10. @gilangnp says:

    Saya sih lebih sering kebetulan aja ya, di tengah-tengah mimpi dan tersadar bahwa saya sedang di dalam mimpi. Asik sih, tapi ga puas aja rasanya. Saya sering nyoba dengan teknik WILD, tapi pas di tahap sleep paralyze selalu gagal. Ngeri juga rasanya.

  11. My Blog says:

    beberapa orang ngomong lucid dream ga bisa balik? bener apa?

  12. aris says:

    waktu sering tidur di kantor (di ruang istirahat yg serem) hampir setiap kali tidur selalu msk lucid dream dan sangat sulit untuk bangun ;-( tapi saat lucid dream hanya ada skenario yg menyeramkan, saya sadar bahwa saya sedang bermimpi tapi saya tidak bisa merubah sesuai keinginan saya, mungkin karena disebabkan pada saat itu yg saya pikirkan hanya ingin cepat2 tersadar

  13. ReyFran says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  14. Ane says:

    sering banget sleep paralyses, tapi lum nyampe lucid dream keburu pengen bangun duluan, pertama nyoba lucid dream rasanya kayak masih sadar biasa tapi koq hanya bisa ngrasain sebentar ya? itu lucid dream bukan ya?apa karena langsung terlelap tidur?

  15. Unknown says:

    pengen bisaaaaaa....

  16. deni moes says:

    saya semalem ngerasa mimpi dan tersadar sedikit ,dan itu gak sengaja . Bingungnya kok saya rasa saya berpindah pindah tempat yg saya ingat. dan saya juga sering sekali tindihan apa itu bisa membantu untuk lucid dream . thanks sebelumnya

  17. ReyFran says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  18. Kalau pas udah tidur sudah merasa ketindihan / Sleep Paralysis, biarkan aja. Let it flow. Jangan panik atau berusaha bangun. Kalau maksa bangun malah rasanya berat banget dan nggak enak banget pokoknya. Nanti setelah berhasil melewati fase itu, biasanya jiwa astral (nggak ngerti istilahnya apa) kita kaya keangkat dari jasad tapi ga sampai nyawa (mati kali kalo nyawa juga. Hehe). Nah, pada saat itulah kita berati udah lucid. Kita bisa ngelakuin apapun yang kita suka. Termasuk Wet Dream kalo mau (iya, aku blak blakan tapi that is real).

    Masalah bisa bangun atau tidak, selama ini aku sih lancar2 aja. Seperti tidur, Lucid Dream juga ada waktunya, kalau tubuh kita nyuruh kita bangun, ya bangun aja seperti biasa. Oh iya, kalau kita udah terbiasa Lucid, pas kita mimpi terus tiba-tiba di tengah2 kepingin bangun, ya kita bisa melek dengan sendirinya..

    Kalo itu pengalaman aku pribadi sih. Kalau orang lain kurang tau. Hihi..

  19. Unknown says:

    saya sering mengalami tindihan saat tidur,dan baru mengetahuinya kalo itu namanya sleep paralysis.kemrin niat banget buat nyoba lucid dream,udah masuk sleep paralysis,rasanya emang serem banget,trus kaki saya bergetar kaya ada yang garuk gtu,horor dah.tapi yakinin dalem hati kalo itu tahap masuk ke LC jadi dibiarin ajak,nah tapi gue bangun gg tau kenapa setelah sleep paralysis.

    gue lakuin cross check nutup hidung,cubit pipi,liat jarum jam eh ternyata gue bangun beneran.bakal nyoba buat malem ini.

    ada saran biar bisa masuk LD??

  20. Unknown says:

    abang saya wenas dari semarang, saya mau tanya tolong di bantu hehehe

    1. saya pake teknik WILD (Wake Induced Lucid Dream), saya udah sering sadar kalo itu mimpi terus saya juga udah sering dapet Sleep Paralysis abis itu saya ngerasa jatuh abis itu kaya ruang hampa semuanya hitam bang? itu apa yaa namanya?

    2. saya juga pernah dapet Sleep Paralysis terus terus abis jatuh kerasa yaka kebangun di kasur, tapi yang saya liat di seitar saya itu bentuknya bergelombang semua bang? itu kenapa ya? terus malah kebangun deh hehehe

    tolong bantuannya bang, saya selama ini udah sering mencoba saya udah nulis Dream Jurnal kurang lebih 6 bulan bang, tapi ga ngerti kalo udah masuk lucid tuh gimana? tolong ya bang di bantu

  21. Unknown says:

    Oke saya akan balas satu satu...
    1. Yg kamu harus lakukan ketika itu hanya harus mengespresikan semua yg ada d pikiran kamu.. Karna itu adalah gerbang ke dream world tapi ingat kamu harus tetap berusaha melakukan reality check karena itu bisa jadi kamu masih berada di bawah alam kesadaran ...

    2.kalau itu... Saya kurang tau... Tapi hal ini bisa d buktikan dari film yg mengungkap licud dream ini... Kamu harus menjaga emosi mu agar kamu tidak terlalu berpikir kamu sadar....

    Kalau saya masuk lucid langsung dari mimpi bukan dari yg WILD

  22. ReyFran says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  23. Unknown says:

    Halo semua, nama gue dani...
    Gue sering banget ngalamin mimpi,mimpinya ini aneh.. setengah sadar, bahkan gue bisa melihat apa yang terjadi di sekeliling gue tapi tubuh gue nggak bisa di gerakkan sedikitpun. Dan gue saat itu masih dalam keadaan tidur dan bermimpi..

    apakah ini termasuk lucid? mohon bantuannya...
    bisa kirim jawabannya di keritingggg@Gmail.com juga. Terima kasih semua..

  24. Hai All

    Baru tau klo fenomena Lucid Dream pernah saya alami setelah baca artikel ini, teknik yang secara "tidak sadar" saya pakai untuk masuk ke lucid dream ialah DILD (Dream Induced Lucid Dreams).

    Sering sekali saya tersadar jika saya sedang di alam mimpi, dan saya ingin sekali mengendalikan mimpi tersebut, dalam beberapa kasus memang saya berhasil mengendalikannya, contoh saya berhasil terbang, n berhasil ngehancurin apapun di imajinasi mimpi saya.

    tetapi disinilah kekurangannya, yang saya rasakan itu entah kenapa hanya berefek sebentar, dan saya gagal untuk mempertahankan di fase tersebut, bahkan sering kali ketika saya sadar di alam mimpi, justru saya tidak bisa mengendalikan mimpi tersebut sesuai kehendak saya, rasanya berat sekali.

    btw adakah tips and trick lebih lanjut untuk pengendalian lucid dream dengan teknik DILD itu pastinya akan sangat membantu :).

    Note : saya masih baru tau dalam hal ini, dan jujur lucid dream yang saya rasakan belum bisa saya nikmati dengan "maksimal", yang orang baru seperti saya yang pernah merasakan ini pasti sependapat :p.

  25. Unknown says:

    ehm,saya masih dalam tahap pelajaran,tolong...rapid eye movement itu apa ya?

  26. ReyFran says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  27. Unknown says:

    kpingin bgt tp takutnya ga bisa bangun :(

  28. kayaknya sih w pernah... ngalamin lucid dream, waktu itu w mimpi lg perang lawan polisi trus kyk asli bgt w bisa milih senjata yg w mau bisa kmana aja dah..

    keren bay..

  29. tolong kasih tips supaya.. kita bisa kuat saat menghadapi tahap sleep paralyze dong..
    soalnya kmaren w pas sleep paralyze gak kuat apa emang w takut kali ya?

  30. saya takut gak bisa ke alam sadar lagi,itu gimana?

  31. sejauh ini aku cuman bisa mengingat mimpi. tapi nggak pernah bisa sadar. ada solusi?

  32. sumpah masih khawatir aja sama tahap Sleep Paralyze... itu serem banget.. nggak bisa napas.. udah kaya mau mati...

  33. Unknown says:

    udah bertahun-tahun. aku sering mimpi sadar. bahkan tadi malam aku mimpi sadar. justru aku baru tahu kalau namanya lucid dream kemarin.

  34. Unknown says:

    Misi, Mungkin emang udah lama saya tau tentang lucid dream, pada awalnya saya emang ada niatan untun mencoba,dari banyak pencobaan hanya 2 kali saya mendapatkan hasil, namun hasilnya sedikit mengecewakan yaitu sama seperti ini.Saya selalu mencoba dengan tehnik WILD, saat saya terbangun saya melihat sinar kuning yang sangat terang datang dari arah kiri saya, saya berjalan keluar pintu kamar (cahaya masih ada) dan saya sadar bahwa saya sedang bermimpi. Namun saat saya sadar bahwa saya sedang bermimpi saat itu juga saya langsung terbangun... Mohon bantunannya bagaimana cara agar saya bisa meneruskan proses selanjutnya .. Terimakasih :)

  35. waduh ane waktu nyoba teknik WILD ane belon nyampe ke blackout :3 cara ane supaya cepet SP cuman bayangin ada domba loncatin pager trs ane itung gitu tapi ya tetep gak sampe ke black out mulu :v

  36. Regarois says:

    Tolong bantu dukung lucid-dreaming-101.blogspot.com (smarturl.it/LUCID) untuk menjadi blog lucid dreaming nomor satu di indonesia

    +plus, disana kalo tanya saya lewat email langsung dibales!

  37. iAN says:

    Eh,,
    Gimana kalo Ngerasain udah terbang nan rasanya wuenak..
    Terus aku ikutin rara itu lalu tiba" rasanya kaya jatoh dan terbangun dengan cepat ?

    Itu mau masuk Lucid Dream kah ?
    Trims..

  38. Unknown says:

    hmm saya coba tpi kok gak kerasa jatuh ke lubangyaa cuma rasa geli kaya terbang truss buka mata gerakin tangan cubit tangan ehh tau tau dah smpai di ld wkwkwkwk

  39. Unknown says:

    Kk aku mimpi tadi malem
    lalu aku Rc nutup idung bisa napas tapi pas mau bilang ini mimpi malah kebangun

  40. Unknown says:

    Pengen nyoba ngalamin tapi Susah banget... :(

  41. KuroShiro says:

    Gua Dah Sering Masuk Fase "Sleep Paralyze" Tapi Malah "STUCK" Terus , Bingung Harus Ngapain..... Badan Susah Digerakin, Teriak Tidak Bisa, Jantung Berdetak Kencang, yang bisa hanya membuka mata dan memejamkan mata saja...

  42. Mimin says:

    Baru bisa terbang doang, giliran mau terbang sambil teleportasi susah bgt , tpi bisa cuma 2 kali, sama bisa ngeluarin senjata tapi petasan yang keluar

  43. Unknown says:

    Saya sudah kena 3 kali sekaligus tapi itu gg sengaja, tapi kenapa ya semuanya itu mimpi buruk, mungkin ada tahapnya mimpi nya biar kgk buruk?

  44. Unknown says:

    gw barusan dah coba dikit sampe SP ngeri banget padahal gw cuma goyang dikit tp rasanya kayak gepa

  45. Unknown says:

    gue baru kemaren ngalamin dan gue suka. Pertama gue tegasin gue pengen LD, abis itu gue coba tidur tapi kondisi gue paksa terjaga biar ga deep sleep. Dan gue pertahanin itu sampe makin lama makin ngantuk tp tetep terjaga. Dan langsung kaya ada sesuatu yg pengen buat gue berontak. Tp gue tahan sampe akhirnya gue ngerasa bangun. Gue pengen gerakin badan tapi susah dan gue paksa akhirnya gue gerak. Pas gue coba reality check gue emg udh ga ngerasa sakit. Berarti gue udh berhasil.

  46. Freyzo48 says:

    lucid dream tidak boleh di praktekan dan di coba oleh orang2 yg ber-otak ngeres seperti saya ini,, :-P sekali berhasil LD langsung cari mangsa siapa aja yg ada di depan, hahahah.... :-D

  47. Unknown says:

    Kebanyakan dari Kalian Semua kok malah mau mimpi yg seperti itu. klu bisa lbh baik kita tidur normal aja. krn saya rasa itu tidak baik. sangat mempengaruhi mental dan kesehatan kita.
    saya sendiri pingin sekali tidur normal. karena dari kecil hampir setiap malam saya bermimpi. terkadang tersadar dalam mimpi. pernah saya saat sadar dlm mimpi saya malah jadi merasa sedih krn nggk tau lagi harus bgmn. soalnya keseringan mimpi.. capekkkk rasanya.. saya hanya duduk termenung d mimpi saya sendiri sampai menunngu raga saya bangun. Bahkan saya pernah mengalami mimpi yg ekstrim. setiap saya mimpi orang meninggal, esok harinya pasti ada yg meninggal, dan kejadian itu terjadi sampai berkali kali sampai akhirnya berakhir sampai kepada keponakan saya yg meninngal. dan saya selalu merasa dihantui dimulai setiap sore hari selama lebih dari sebulan. saya selalu merasa ketakutan setengah mati...tapi itu sdh berlalu., dan yg sekarang tersisa hanya mimpi2 biasa atau jg yg kalian sebut dng Lucid Dream tsb..
    Saya sering berolah raga. khususnya badminton pada malam hari.. awalnya saya berpikir klu saya sdh kelelahan bisa tidur enak.. tapi itu bukan menjadi solusi buat saya.
    so.. Guys.. bersyukur buat anda2 yg masih bisa tidur nyenyak..

  48. Unknown says:

    pake teknik apa ya untuk pemula ,
    gila soalnya pas sebelum saya tau arti "lucid dream" , saya pernah ngerasain sleep paralyze (waktu itu juga belom tau maksudnya) tiba" badan gk bisa digerakin terus kaya ada suara ...
    udah pokoknya horror banget dah , karena gk nahan yaudah paksain bangun akhirnya bisa .
    apa emang kalo mau masuk ke LD harus masuk ke tahap SP dulu ya ? (gk pernah berhasil ke LD kayanya wkwk)
    tolong pencerahannya thanks.

  49. Unknown says:

    iya kebanyakan orang kalo lagi tahap SP emang selalu horror. entah denger suara aneh atau liat yang aneh. kalo menurut ane itu karena orang indonesia dari kecil dicekokin sama hal yang horror. coba deh pas SP buang jauh-jauh pikiran-pikiran atau imajinasi yang horror. bayangin aja setting tempat yang bagus yang kita pengen. itu ngebantu banget buat ngelawatin tahap SP dan cepet masuk ke lucid dream..
    cara ane sih begitu dan berhasil..semoga bisa ngebantu yaa......

  50. Unknown says:

    oh gitu ya , ternyata saya udah pernah ngalamin SP 3x saat waktu itu belom mengerti pengertian SP ..
    ok thanks infonya ya :D

  51. Unknown says:

    Hari ini saya baru tau Lucid Dream begitu baca artikelnya langsung tertarik dan ternyata saya juga pernah mengalami LD secara tidak disengaja tapi semua LD yang saya ingat cuma mimpi buruk (ada setan) kenapa ya, trus teknik yang mudah buat pemula gimana , mulai hari ini saya akan coba pake WILD ato FILD

  52. Unknown says:

    Oh ya, apa cara diatas tidak dapat dilakukan bila tidak melalui WBTB?

  53. Unknown says:

    Wah ternyata yang saya alami dulu cuma vivid dream ( mimpi yang nyata dlm warna, bentuk,dll) berarti harus belajar LD dari DJ dan recall

  54. wah ane nyoba yg WILD pas tahap 7 malah kebangun pas jatuh ke lubang :(

  55. Unknown says:

    Iya gan,aku juga sering sadar saat bermimpi sampe sekarang juga masih tapi bikin pusing,pengennya mimpi normal aja.tapi tetep aja terlalu keseringan kejadiannya:(.
    Soalnya dari awal otakku udah aku sugestiin ama aku sendiri"saat mimpi di pikiran saya berkata berpikir ini hanya mimpi!"
    ya udahlah biarin aku catatin aja mimpinya di buku pribadi saya.
    terus saya terusin aja mimpinya pake pikiran seliwat/imajinasi sendiri jadi dech,enak banget rasanya pas imajinasiin makan donat super lezat rasanya kaya makan asli kerasa manisnya yami pokoknya,tapi yang sebelnya udah gak sengaja imajinasiin keusuk ato apalah sakit beneur nyeseuk ke jantung ama di bagian perut terus bangun dech!
    Kalo yang munculnya yang serem-serem mah aku suka main-mainin aja kaya di tinju-tinju in ama aku setannya pake sarum tangan petinju dan lainnya hahaha seru!
    Pas baru baca-baca artikel tentang mimpi ga tau itu LD ato bukan!
    Mohon penjelasannya,terima kasih.

  56. Gan 2 hari ini saya berhasil mengalami lucid dream, tanpa melalui sleep paralysed, saya sadar bahwa saya sedang bermimpi, tapi ketika saya ingin mencoba teleport ke tempat lain atau ingin terbang mengapa sulit sekali, padahal saya sudah konsentrasi sekuat tenaga, tetapi tetap saja saya berada di tempat itu, dan pernah saya mengalami ketika di mimpi itu saya berada di rumah saya, dan timbul keinginan saya ingin terbang, yang ada malah saya masuk ke fase sleep paralysed, dan tubuh saya serasa berputar
    Terkadang juga saya ingin memenuhi kebutuhan biologis saya, yang pasti sudah tidak aneh lagi untuk kaum pria, saya ingin mendatangkan seseorang (wanita) akan tetapi mengapa sangat sulit sekali, saya malah tidak bisa mengendalikan mimpi saya, tetapi saya sadar dalam mimpi saya itu, dan hanya bisa menjelajahi mimpi yang saat itu saya impikan, bukan saya inginkan . . . pertanyaannya adalah mengapa saya tidak dapat mengubah semua yang ada di mimpi saya, dengan kehendak saya ?

  57. Unknown says:

    boleh sedikit bertanya ;
    seseorang yg memasuki alam lucid dream , apakah benar itu alam gaib atau alam imajinasi (khayalan ciptaan pikiran kita) ?.

    dulu sy pernah latihan lucid dream beberapa kali sampai berhasil ke tingkat astral projection. suatu saat sy pergi ke tempat guru sy yg bisa meraga sukma. beliau berkata kalau latihan seperti itu jangan melibatkan jin. padahal waktu latihan sy tidak menggunakan mantra atau amalan doa. ternyata secara tidak langsung jin yg ada disekitar rumah sy atau mahluk astral lainnya ikut membantu sy melakukan lucid dream tanpa sy minta. cirinya lucid dream yg dibantu oleh jin yaitu : terasa ada perasaan takut sekali, kaki atau tangan kaya ada yg ngangkat lalu terasa melayang atau kadang terasa jatuh kebawah atau terasa gelap sekali, kadang kita bisa melihat sosok yg ada disekitar kita.

  58. salam kenal,, saya sudah mengalami lucid dream sudah cukup lama, yg menjadi pertanyaan saya selalu mengalami mimpi di setiap kali saya tidur dan sekitar 80% dari mimpi tersebut adalah lucid.. apakah di wadah ini, bisa untuk bertukar pengalaman dan sebenrnya potensi positif yang saya dapatkan dari lucid sangat banyak. apakah teman2 yg sesama lucid juga mengalami hal yang sama,

  59. Unknown says:

    Aku mau lanjutin lucid dream tadi pagi, bisa ga sih? Gimana ya caranya?

  60. Unknown says:

    Ak mau coba ah.. Biasanya aku lumayan sering ngalamin mimpi (yg sekarang baru tau namanya lucid dream ini) hehee
    Pernah sekali ngelewatin tahap yg ternyata namanya SP, tp emang serem bangeet.. Kaya mau dicabut nyawa aja -,- sekalinya bisa bangun, malah pas bangun, aku masih di alam mimpi. Berusaha buat bangun laginya susah, sampe 3kali kaya gitu, pas bangun masih ada di alam mimpi. Malah aku sampe bisa ngeliat aku lagi tidur dan jatuh dari tempat tidur. Tapi akhirnya aku bisa bangun ke dunia nyata hehehe

    Seneng deh ternyata yg ngalamin kaya gitu byk juga ya? Soalnya kalo cerita ke temenku,ga ada satupun yg pernah ngalamin tidur kaya aku. Bahkan mimpi aja kayanya temenku jarang, sedangkan aku setiap tidur ga pernah ga mimpi.
    Sekarang aku mau nyoba buat nikmatin Lucid dream aku deh, pake langkah langkah yg ditulis diatas .
    Makasih yaaa infonya :)

  61. Unknown says:

    Permisi saya mau tanya, jadi sekitar 2010 lalu saya mulai coba lucid dream nih, dan saya berhasil, lalu berkelanjutan sampai sekarang. nah akhir akhir ini saya jadi bingung nentuin saya lagi di LD atau di dunia nyata, jadi pas saya bangun, saya ngerasa kaya belum bangun sepenuhnya, dan waktu ngejalanin aktivitas ( tapi saya sadar ini tuh dunia nyata) tapi gatau kenapa rasanya kaya lagi di mimpi gitu. jadi akhir akhir ini kata temen saya kalo saya lagi ngobrol sama dia, saya suka bengong aja, padahal waktu bengong tuh saya mikir kok ini dunia nyata berasa kaya mimpi. tolong ada yang bisa bantuin? saya mau balik ke normal lagi..

  62. Unknown says:

    gua juga sering ngalamin LD tapi itu dulu , soalnya sekarang pas lagi SP suka kebayang yang horror makannya langsung bangun-_-

  63. Dulu sering banget sampe tahap astral, cuma keburu ke takutan gara gara filmnya insidious jadinya ngeberontak pengen cepet
    2 bangun tapi malah makin susah bangunnya kalo ngeberontak gitu, kalo lucid yg ngerubah mimpi aja sih sering, kayanya gara gara sebelum tidur dalam keadan ga relax deh, dalam keadan mikir jadi otak tetep bekerja pas masuk dunia mimpi, seru sih bisa rubah rubah yang kita mau, cuma abis bangunnya pusing :D *amatiran*

  64. Dilla says:

    Kalo kita udah masuk tahap sp lalu terlanjur memberontak dan ketakutan solusinya bagaimana ?

  65. agan saya uda coba..saya tdur jam 21;00 saya berusaha rilex dan tersdar saya bermimpi d dalem mimpi saya berusaha melakukan hal yang sama yang sedang saya lakukan yaitu berusaha untuk LD ..tapi ditempat yang berbeda ...dan dalam mimpi iitu saya gagal melakukan ld..dan tak lama saya sadar(terbangun) jam 22;00 dan saya baru sadar bahwa yang tadi saya alami itu mimpi...lalu saya tulis di JP(jurnal mimpi) dan salanjutnya apa ya yang saya lakukan.

  66. syahla says:

    saya umur 13 tahun. saya mau tanya, saya sering banget ngerasain sp bahkan setiap malam. tempat tidur saya sebelah meja komputer. waktu itu saya ngalamin sp, seperti biasa saya gabisa gerakin tubuh, saya coba untuk biarin aja nah tbtb saya melek dan ngeliat ruangan kamar saya seperti biasa, saya kira saya bangun tengah malam, saya ga coba buat bangkit dari kasur karena saya masih bingung. beberapa detik (mungkin) saya baru melek (melek yang kedua kalinya) tapi melek yang kedua saya melek sambil kaget. itu apa ya? mohon dijawab, terima kasih. maaf baru comment, saya baru baca hehe.

  67. Anonim says:

    tau gitu kalau pas ketindihan gausah bangun, biar sekalian lucid dream. :'))

  68. Rafli says:

    Itu sleep paralysis namanya sering ana gitumah

  69. johan says:

    invite ya sob 7F807BA6

  70. Unknown says:

    Hai semua, gua ufan, 17 tahun cowo, udah sebulan ini gua SP mulu, setiap SP selalu ada bayangan yg kayak nge bekep gua, guaselalu takut dan maksaa sadar. Akhir2 ini SP gua udah gak di sertain bayangan, gua cuman ngeliat keaddaan sekeliling kamar gua tapi gak bisa gerak, akhirnya setelah baca artikel ini, tadi malem gua coba masuk ke LD dengan ngelewatin fase tindddihan, gua lawan tindihan gua dengan cara maksa berdiri, akhirnya gua bisa berdiri, tapi kepala dan badan berat banget sampe akhirnya ambruk lagi, dan akhirnya terpaksa gua bangun karena udah ketakutan, tolong tanggapan sama nasehatnya yah semua & admin....oh iya kalau bisa buat group khusus di lline/ bbm buat kita2 yg di beri kemampuan khusus buat ngeendaliin mimpi dong, supaya bisa sharing heheh, salaam kenal semuanya

  71. Unknown says:

    Sebenarnya SP itu kalau gaj di lawan bisa mengakibatkan kematian gua pernah ngerasain sp tapi takut badan gak bisa di gerakin suara gak bisa keluar terus ane memberontak mau bangun akhirnya bangun juga

  72. Unknown says:

    Di tahap SP, Saya Sampe Nyebut2 Astagfirullah, Subhanallah dll. PokoNya Pasrah aja Kalo Nyawa saya Sedang diAmbil, .ohg ternyata itu SP toh.. Serem bangett..??

  73. Unknown says:

    Pastiakan kamu punya totem buat mastiin lagi berada di world dream atau engga

  74. Unknown says:

    Kalo masuk SP gw pas melek malah lihat makhluk astral bahkan sama denger suara" keras. Spt org triak, nangis, anak kecil tertawa, ank kcl lari. Nah seremnya disitu. trs roh kita mau kluar tp smpek situ gw sadar dan gagal masuk Astral Projection. Pdhl pingin bgt.

  75. Unknown says:

    Biasanya gagal di sleep paralysis, dan langsung ke deep sleep..,
    Tapi sekarang aku mulai menikmati sleep paralysis..,
    Hahhaa..,
    Susah2gampang..,
    Tinggal fokus kita gimana ajaa..,
    Oh iya, jgn lupa jurnal mimpi..,
    Jadi kalo kita bangun dari mimpi, langsung kita catat ap yg kita mimpikan tadi..,
    Supaya gampang mengsinkron pikiran kita..,

  76. Unknown says:

    Gw rda srg tuh SP.asli tkut bgt.tp stlh thu itu SP,Td pagi wktu tidur trasa kesedot gto,gw pasrah aja.trus emg pd item gto.gw mikir rasanya kyk naek roller coaster,trus beneran ada lintasan roller coaster.stlh trun naek roller coaster.gw coba gerakin tangan ma kaki,bisa tp rasanya kyk kesemutan.trus gw coba terbang,emg bisa..mlh skujur bdn gw berasa dingin padahal pake selimut.tp dctu gw kayak balapan gto.trus kesananya mlh kyk kbwa mimpi?trus gw bngun,tp gw lgsg sadar,ma tuh mimpi.yg kyk gto Lucid Dream bkn y?

  77. Unknown says:

    Aku jga prnah ngalamin lucid dream,tapi knpa pas bngun langsung histeris yaa?

  78. Saya udah 2 kali mengalami hal ini, pertama kali gak bisa gerak sama sekali..

    2 tahun setelahnya (februari 2014 kemarin) saya mengalaminya kembali ketika kelelahan habis lembur,

    ketika subuh saya tidur (sekitar 3-4 menit) tiba-tiba saya bangun dan gak bisa gerakin semua anggota badan, sekitar 10 menit kemudia baru bisa bergerak dan berlari, tapi pas naik tangga (kontrakan saya 2 tingkah) saya jatuh tersandung anak tangga dan terbangun tapi dalam posisi ketika pertama saya membuka mata (di tempat tidur), begitu seterusnya sampai 3-4 kali..

    akhirnya saya panik, terakhir kali saya buka mata langsung On Line.. di situ baru sadar 100%

    terakhir saya coba latih, selalu terkendala di fase REM, seluruh anggota tubuh bahkan kelopak mata bergetar hebat, ketika mata saya terbuka malah terbangun.. :D hahaha

  79. Unknown says:

    min?izin copas ya?

  80. Unknown says:

    oke ana jadi pengen coba ld '-'
    wish me luck :3

  81. Unknown says:

    haloo, dua hari ini saya melakukan lucid dream dengan cara yang berbeda, yang pertama pake teknik WILD dan yang kedua pake DILD, tapi kenapa ya saya selalu ketarik kedunia nyata saat di tengah tengah lucid dream, apa itu karna belum sempurna? gmana cara menyempurnakannya? mohon bimbingannya terimakasih

  82. Unknown says:

    Suka gagal pas masuk fase SP, supaya cepat masuk fase SP gimana ya?

  83. Unknown says:

    Kontrol emosinya :)

  84. Unknown says:

    Saya juga sering gagal. Gmana ya ? Pdhal ame pnasaran banget . Pngen banget :(

  85. Unknown says:

    gan ane mo nanya nih.
    napa waktu SP(Sleep Paralyze)
    ane dah berhasil aneh nya waktu itu ane ko malah buyer putih semua bukannya black out terus ane dengerin ada suara bising kaya nginggggg gitu suara dah gitu tiba tiba ane deep sleep(tidur beneran)deh.tolong bantuannya gan.

  86. Unknown says:

    Gue sih inget, waktu lagi tidur gak nyangka masuk sendiri pada sleep paralyze. disitu tangan gue kayak ada yang gerakin serem. Dan suara gua habis. Tiba2 gua terbangun gitu sambil menghela napas. Jadi,LD ITU MIRIP AMAT SA DUNIA YANG NYATA

  87. Unknown says:

    Saya beberapa kali udh ngalamin mimpi yg hampir serupa sama ini, akhir2 ini saya mersakan hal itu kmbali, saat itu pagi skitar pukul 7.30am mata sya ngantuk bnget, krena saat itu saya sdang libur, dan mlamnya saya begadang jdi sya putuskan untuk tidur lagi pagi itu, nah stelah saya berbaring dtempat tidur, baca doa singkat, sekitar stngh jam kmudian saya bermimpi sperti biasanya, dan keanehan itupun trjadi, saya ngersa stelah sya mimpi itu sya mau bngun, mata sya kebuka sya ngerasa tubuh sya melayang bberapa centi dari tmpat tidur saya, sya saat itu pngen teriak cuman gbisa sya ngrasa suara saya ilang, dan saat itu sya bisa ngeliat sekeliling kmar saya, dan anehnya penglihatan saya goyang2 dan ini bsa dsebut sleep paralyses saya ngelihat sesuatu yg aneh dipintu kmr sya yaitu ada tulisan merah besar dan yg sya ga ngerti tulisan itu pke bhsa jepang, sya gatau artinya apa, beberapa saat tubuh saya kmbali trun ktempat tidur saya pngen cba utk brdiri trnyata bisa dan stelah saya bangkit sya ngerasa ada sesuatu yg hilang dikamar saya saya panik, jelas bgt sperti bukan mimpi, stelah kjadian itu bbrapa saat kmudian tubuh sya terulang kmbali sprti kjadian awal tbuh sya mlayang bbrpa senti dari tmpat tidur sya dan turun kmbali sperti semula kmudian saya kebangun seutuhnya dan baru sadar bhwa kjadian tdi cuman mimpi. Yg mau sya tanyain apkah itu trmsuk lucid dream? Maap panjng.

  88. Restu says:

    alat pengendali mimpi buatan indonesia , saya perkenalkan HANDREM produk by RPEM. teknologi yang dilengkapi sensor statis yang sangat peka pada jadringan organik, jika agan agan tertarik dan ingin mengetahui HANDREM itu seperti apa silahkan kunjungi tp://rpemm.blogspot.com/

  89. Restu says:

    alat pengendali mimpi buatan indonesia , saya perkenalkan HANDREM produk by RPEM. teknologi yang dilengkapi sensor statis yang sangat peka pada jadringan organik, jika agan agan tertarik dan ingin mengetahui HANDREM itu seperti apa silahkan kunjungi www.rpemm.blogspot.com

  90. Unknown says:

    Q ud ngalamin fase2 lucid dream ud dr dl.
    Awalny mmg ky sleep paralyze pas q masi skolah SMP gt,,
    trs SMA ud mulai sering lucid dream smp kuliah,,
    Tu smp skr ni ud kerja & pny ank (sering tdr trs kebangun kan),,
    makin parah & malah jd k arah astral projection type ny,,
    intiny ni menyerap energi qt byk,, q kerasa pas ud tahap2 akhir ni,,
    Q srg ketemu roh2 makhluk2 gaib dll,, mrk ingin mendekat rata2,,
    tp qt msti sekuat tenaga menghindar (terbang sekuatny2 setinggi2ny)
    Q srg liat pemandangan kota,, kdg ke stasiun terdekat,, bandara,, dll
    tempat2 umum rata2,, tu cm spt melayang2 mengambang tp bs merasakan udara sekitar yg kdg panas, dingin,
    berangin,, dll... menempel dipunggung orang yg hendak naik eskalator/masuk kereta jg prnh,,
    yg bikin syok ad yg mw masuk k dlm lift,, trs banyak pantulan spt cermin,,
    tu rasany spt terlempar krn pantulan cahaya yg menyilaukan...
    trs pas mw kembali & membuka mata,, astaga beratnya,, bdnQ ky dibekukan &msk ddlm kulkas,,
    yg bs q rasain tu cm detak jantungQ yg super kenceng,, mata g bs kebuka, bdn kaku(mlh berasa ilang), cm otak aja dijaga kesadaranny,, tu smp 3 menit mgk kira2 q nunggu smp pelan2 bs buka mata.
    pas buka mata & sadar,, kaki tanganQ dingin bkn main smp gemetaran ky org parkinson,, mw minum smp diem dl q g bs jln sanking lemas kakiQ,, oiya q selalu kembali & terbangun antara jam5-6pagi,, q slalu ingat posisi trakhir q tidur bgm,, slalu dgn posisi yg sama jg ketika q buka mata,, tu yg menydarkan q kalo q mmg sdh lepas dr bdnQ..pas awal2 q sempat 3x bs melihat badanQ diatas tempat tidur lewat jendela,, q nengokin kdlm sambil liat semua org dikamarQ trtidur. tapi asli ni agk menakutkan, seru tp jg melelahkan. entah knp,, bgitu bangun bdn slalu terasa agk berat spt qt lelah mengerjakan sesuatu

  91. Unknown says:

    Dulu saya pernah membayangkan bagaimana jika saya mimpi dan dalam mimpi itu saya bisa mengatur sesuka hati saya, waktu itu saya masih belum mengetahui jika itu adalah lucid dream. Saya pernah sadar jika saya sedang bermimpi, tapi saya kira itu cuman kebetulan saja. Saya mau tanya apakah itu juga fase masuk ke Lucid Dream?

  92. Unknown says:

    Pernah jadi gan,, tapi kok klo blur gitu yah..??
    gw lagi perang sma teroris, nah pas nembak tuh pandangan gw blur..
    akhirnya masuk mimpi biasa gan,,gimana cara ngatasinya biar gk blur...??

  93. Unknown says:

    gue paling sering lucid dream gan mungkin tiap hari .tapi itu ga di mulai dari awal sih .pas di pertengahan atau bisa juga pas detik" kita mau bangun . wwkkwwkkw kalo lucid yang gue lakuin pertama kali pasti Terbang .dan itu rasanya kyk real banget .nih ya cuman mau ngasih tips bagu agan yang mau terbang , kalo agan lucid agan coba lari lari dan putar kan badan agan (seperti transformer berubah jadi mobil :v) dan cobalah untuk tidak jatuh ke tanah ,atau langsung terbang .tapi kalo SP yang gue inget cuman sekali atau dua kali seumur hidup .itu aja gan pengalaman yang bisa ane share ke agan" semua semoga bermanfaat :)

  94. Unknown says:

    yeyyy gw brhasil!!! pake teknik DEILD.
    gw trbang smpe ke langit, bnyak bintang, rasanya dingin. naik turun, muter". Keren bnget!! hihihi
    akhir.a gw tau rasanya trbang knyak apa.

  95. Gw pernah ada niat buat masuk ke LD pke cara/teknik WILD, tpi disaat sy masuk ke tahap SP malah sy berusaha utk bangun dan akhirnya bangun juga -__- yaah karna dibagian badan gw ada rasa skit" gitu tpatnya diperut(ktk diSP) entah knpa sebabnya .eh btw gw min apa ngaruh gk ye diLD, soalnya kata org klo pke jam tngan ktk tidur pasti kebawa jga diLD .lah masa gw hrus pke kacamata klo mo tidur biar kebawa jga di LD nnti wkwk XD

  96. yasuga says:

    ane biasa lucid kalo kebangun jam 6 pagi terus tidur lagi gan.
    terus ane dah mulai coba buat yang wild tapi ane gagal terus disp rasa badan ane kebas2 gitu.
    karna kebas ane jadi ga rileks, pernah juga udah rasa kaya badan masuk kekasur tapi kebangun lagi.
    ane minta saran dan pencerahannya gans

  97. Baru nyadar kalo pernah LD, jadi waktu itu mimpi biasa tapi termsuk mimpi yg agak kurang menyenangkan, terus saya bilang di mimpi itu "oiya ini kan mimpi" yaudah saya mimpi kayak biasa deh

  98. Unknown says:

    Bantu ya!
    Kemarin malam saya lucid pake wbtb tanpa paralysis, nah pertamanya jalan susah, saya pun berlatih jalan, tapi pas saya bayangin Mau terbang kok gak terbang ya? Pas pas saya mau ngambil km, malah1 tambah kabur, saya bilang lebih jelas lagi tapi gak terjadi apa2, dan terbangun tp gak buka mata, dan saya nyambung lucid yang gagal td, bersambung2 terus sampai pagi

    Itu kenapa? Kok gak bisa diatur? Yang saya bisa atur cuma waktu

  99. Unknown says:

    Gan beli googles nova dreamer dimana gan ada ga di indonesia

  100. Unknown says:

    Permisi mas numpang nanya,saga mau nyoba lucid dreaming,tapi masih sedikit ragu kalo kalo masuk sleep paralyzez,saya malah masuk astral projection,ada tips nggak biar nggak kejadian kayak gitu? Dan gimana caranya melawan rasa takut terhadap sleep paralyzez?

  101. Unknown says:

    Itu sleep paralyzez nggak kadang kita merasa takut karena itu,juga merasa ditarik sesuatu atau bahkan melihat sesuatu yang namanya halusinasi,tlong jangan takuti pemula yg lagi baca komen

  102. Unknown says:

    Bisa aja,tapi bagi yang nggak pernah bikin dream journal bakal susah

  103. Unknown says:

    Anda mengalami false awakening banyak sekalee xD
    Kayak di pilm pilm

  104. Unknown says:

    Ld itu tentang mindset,kalo pikiran anda yg indah,bakal indah Dan sebaliknya,kalau udah SP sebaliknya bayangin tempat yang ingin anda kunjungi di dunia mimpi Dan apa yg anda ingin lakukan disana :) infonya fokus ama niat

  105. Unknown says:

    Kadang kadang mimpi emang suka benar benar jelas,tapi tetap kita tidak sadar,sejujurnya aja ya,saya ini suka anime,Dan waktu saya tidur saya mimpi jadi cewek anime(padahal saya cowok,detil badan cewek bener bener jelas)Dan di mimpi saya jadi anak baru di tempat les bhs inggris,padahal sebenarnya udah nggak les lagi,sy tetep nggak sadar kalo itu mimpi Dan terasa SANGAT jelas Dan asli,bahkan saya bisa merasakan pijakan kaki sy ke lantai, pernah juga sekali saya sama kayak anda,sy mimpi bangun nation hp saya lalu terbangun lagi dengan nafas terengah engah,itu gara gara saya minum kopi sebelum tidur,jadi intinya itu hanya mimpi, :) tapi mimpi mu itu sangat jelas,itu juga Blum bisa disebut lucid dream yang sempurna

  106. Unknown says:

    Blum ada kasus kematian akibat sleep paralyzez,yang saya tau, kita semua ngalamin SP,itu keadaan dimana tubuh tidak bisa digerakan untuk mencegah kita bergerak atau bahkan berjalan saat mimpi,kita slalu ngalamin tapi kita nggak ngerasain karena kita terlanjur tidak sadar

  107. Unknown says:

    Mungkin tidak,kadang lucid dream bisa dilakukan secara tidak sengaja,teknik lucid dream dibuat untuk bermimpi sadar secara sengaja

  108. Unknown says:

    Blum ada kasus kematian akibat sleep paralyzez,yang saya tau, kita semua ngalamin SP,itu keadaan dimana tubuh tidak bisa digerakan untuk mencegah kita bergerak atau bahkan berjalan saat mimpi,kita slalu ngalamin tapi kita nggak ngerasain karena kita terlanjur tidak sadar

  109. Unknown says:

    Tarik nafas dalam'' lalu buang perlahan agr membuat rileks dan tidak takut

  110. tolong, aku juga mau merasakan Lucid Dream, tapi aku takut T_T

  111. Unknown says:

    Saya dulu pikir saya aneh karena bisa mengatur mimpi saya, pas saya cerita ke teman juga mereka tidak percaya. Dulu pas saya masih sekolah saya sering menggunakan lucid dream saya, pas mau ujian besoknya tapi belum sempat belajar, maka saya akan belajar dalam mimpi, and it's really works, tidak untuk ditiru hehehe

  112. Unknown says:

    Mau tanya kan saya sudah masuk fase sp tapi kenapa lama sekali gak masuk ke fase ld apa karna saya kurang rileks?

  113. Unknown says:

    Mas.. Saya mau tanya..
    Saya berumur 13 th.. Sedang tidur siang waktu itu.. Aku merasa banget kalo aku sedang di dalam sleep paralyze.. aku merasa takut tapi aku tahan karena aku tau aku mau masuk LD.. Tapi aku masih bisa ngomong di dalam hati.. itu gimana ya..?

  114. Gan dl pernh lg tdr trs bdan kyk brasa terbang melayang tp g bs lht ap2 bdan ny jg susah d gerakin, ap itu nm nya lucid dream tdk d sengaja?..
    Pernh jg wktu SD tidur d siang bolong posi2 sy lg tdr tp sy lht diri saya lg berdiri d dpn pintu kmr stlh itu sy lgsg bngun ktkutan

  115. Unknown says:

    saya pernah mimpi dan saya tau kalau itu sedang mimpi. tapi anehnya, saya sadar itu mimpi dan setelah bangun saya kira saya sudah benar bangun. namun ternyata saya masih berada di mimpi dan saya tidak menyadari itu. ketika bangun lagi, baru saya tau kalau tadi itu masih mimpi. tapi ini baru sekali terjadi.

  116. Unknown says:

    Mohon bantuannya.. aku mohon.. nyata.. gua baru sebulan pindah disuatu kota.. disini sejuk.. saat hri pertama disini gua hrus bngun pagi krna hrus kerja.. ktika gua tidur gua kebangun seperti biasa.. kerja seperti yg saya ingin lakukan.. tp sial itu mimpi.. gua kebangun dan blm kerja.. oke itu mimpi biasa.. esuk hrinya terulang lagi ..setiap hal yang ingin saya lakukan besok saat aku tdur pasti akan bangun dan mengerjakan apa yg hrs aku kerjakan.. tp itu slalu mimpi dan kebangun ternyata gua blm kerja..msh bru bngun tdur.. itu udh sebulan ini.. terakhir hari ini ada gerhana.. dlm hti gua pngn liat ..tp bodo amat enakan gua tidur.. tp gua bener2 liat gerhana dan bercerita dengan orang2 .. dan itu ckup lama.. gua bangun jam 1 siang.. gua bru sadar itu mimpi ketika gua dpet bbm klo ada gerhana.. pdhal dlm hti gua dh liat.. dan smpe sekarang bentuk gerhana dan tempat kejadian msh teringat jelas .. jelas dan ingat .. mlm ini aki coba lbh fokuss.. tolong bantuannya..gua ga pngn kejebak di alam mimpi selamanya.. mohon bntuannya

  117. Unknown says:

    Dan setelah gua baca baca artikel yg gua alami bukn semacam lucid dream .. gua ga masuk ke sesuatu yg mnakutkan..itu terjadi begitu saja dan gua bangun mngerjakan sesuatu seperti yg mmang hrus aku lakukan.. tp itu cmn mimpi..kebangun lg smpe bngung knpa bngun .. pdhl gua dh kerja.. gni kn gua hrus kerja lg.. intinya gua selalu berada di alam bwah sadar ktika gua pngn melakukan suatu hal

  118. Unknown says:

    saya mau nanya, seperti komen2 di atas, seperti apa sih Sleep Paralises? saya pernah, ketika mau tidur tiba2 seluruh tubuh gak bisa digerakin, bahkan untuk berkedip.pun gak bisa, akhirnya saya berdoa dan mencoba pulih, dan akhirnya bisa pulih. Apa itu namanya Sleep Paralyses?

  119. Unknown says:

    Kalo saya memang seorang lucid dreamer. Tanpa arahan seperti ini, saya sering menyadari kalau saya sedang bermimpi dan saya bisa memandu cerita mimpi dengan imajinasi saya. Ketika saya ingin bangun dari mimpi pun mudah.

  120. Blewah says:

    Ternyata seperti yg biasa aq lakuin ada semua di sini.....awas buat g nyenyak tidur bangun² capek

  121. Alhamdulillah..brarti dlu sewaktu aku tidur tapi sadr itu tidur adalah lucid dream ya.. waktu itu lagi mimpi.. trus ke inget di dalam mimpi.. kalo itu mimpi dan mimpi tersebut pun juga pernah terjadi sebelummnya.. ...

  122. Satu lagi...ini masuh termasuk LD ya ? "Pas mimpi... waktu di mimpi pengen lari.. tapi pas lari eh malah ngk bisa .. lari sedikit usmdah kayak meloncat (kayak grafitasi rendah gitu ) dan pernah muak dalam mimpi karna ngk bisa lari..

  123. dana says:

    saya sering lucid dream, tapi saya takut kalo terjadi sleep paralysis.. serem bgt, nightmare bgt kalo sleep paralysis

  124. Unknown says:

    Mau tanya, adakah yang sering ngalamin juga? Ini termasuk SP atau apa ya? Ini udah hampir setahun aku kaya gini terus..
    Jadi gini, waktu tidur katanya aku sering nangis dan agak susah dibangunin, pas udah bangun, mimpi aku waktu itu lagi gak dalam keadaan nangis, lebih seringnya malah lagi ngeliat hantu/sesuatu yang serem.
    Ada beberapa mimpi yang masih aku inget waktu kejadian kaya gini
    1. Aku lagi main, trus ada kuntilanak di kamar mandi rumah temenku di deket kuburan ngeliatin aku terus.. Aku mau teriak tapi gak bisa, gak keluar suaranya (terus dibangunin sama adek jadi mimpinya kepotong)
    2. Aku dikejar kejar tuyul, aku lari tapi gak bisa jalan (dibangunin lagi, trs mimpinya kepotong)
    3. Aku lagi ada di rumah kosong *serem pokoknya gak tau dimana) trs ada satpam tapi mukanya penuh darah, tapi di mimpi itu aku malah ngikutin satpam itu (trs dibangunin lagi, mimpinya kepotong)
    4. Ada angin puting beliung besar banget terus buminya kesedot angin itu, aku gak bisa nafas sesek (trs dibangunin. Mimpinya kepotong)
    5. Salah satu keluarga aku sakit, terus ada boneka mirip masha yang hidup terus gangguin aku, tiba2 boneka itu mukul mukulin keluarga aku yang lagi sakit, aku gak terima terus boneka itu aku remes remes walau sebenernya aku ketakutan (trs aku dibangunin mimpinya kepotong)
    Dan masih banyak mimpi yg udah lupa tapi kejadiannya sama (aku nangis dan mimpinya beda)
    Aku dibangunin karena aku nangis nangis kenceng.. Kalau cuma ngelindur kenapa mimpi sama yang aku lindurin beda ya? Dan aku jarang ngelindur yang lainnya...
    Pernah sekali katanya aku tiba tiba lari ke jendela ngejar gak tau apa dan marah2in adek aku karena aku buka jendela malem2 (tapi lupa lagi mimpi apa yang ini)
    1 lagi aku nangis karena kaya tindihen. Rasanya ada yang meluk aku terus dibelakang aku ngomong sesuatu gak jelas tapi suaranya serem banget (yang ini dlm keadaan setengah sadar, soalnya aku tau kalau aku nangis)
    Aku gak tau kenapa tapi ini bikin gak nyaman, ada yang tau ini kenapa ya? Karena tiap aku kaya gini waktu bangun rasanya lemes dan ketakutan..

  125. Unknown says:

    Kalo pas fase sp gua udah sadar itu cuma mimpi tapi fase spnya lama banget terus gua merem bayangin yang indah tapi kenapa malah bangun yaaa? Tolong jawab ya makasih

  126. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  127. Unknown says:

    Wah baru denger ld. Padahal sering ngalamin. Kalo ane ngalamin ini biasanya ane kena tindihan lebih dulu,kemudian ane berada di tempat gelap atau semacamnya.setelah itu ane bisa ngendaliin mimpi.setelah makin keseringan ane nyoba ngendaliin mimpi ini dengan mencoba ngeIYWKIM.and rasanya sangat nyata, seperti real life. Bahkan saat ane orgasm rasanya kayak nyata banget,kayak mimpi basah tapi ane gak basah sama sekali pada saat bangun. Apakah ane menyalahgunakan LD ini?:3

  128. Unknown says:

    Wah baru denger ld. Padahal sering ngalamin. Kalo ane ngalamin ini biasanya ane kena tindihan lebih dulu,kemudian ane berada di tempat gelap atau semacamnya.setelah itu ane bisa ngendaliin mimpi.setelah makin keseringan ane nyoba ngendaliin mimpi ini dengan mencoba ngeIYWKIM.and rasanya sangat nyata, seperti real life. Bahkan saat ane orgasm rasanya kayak nyata banget,kayak mimpi basah tapi ane gak basah sama sekali pada saat bangun. Apakah ane menyalahgunakan LD ini?:3

  129. Unknown says:

    Bisa dilakukan siang hari tidak?

  130. Unknown says:

    maaf mau nanya gan saya sudah coba beberapa x,yg saya rasakan mata saya seperti di tarik dan semua bagian wajah saya seperti ada yanh narik gitu,apakah semua itu proses LD ea,Mohon bantuannya gan,,,,

  131. Unknown says:

    owh,, yg saya alami sejak dl msh SMA smpe sekarang udh 37th ternyata 'SP dimana ketika saya tertidur tiba2 seperti ada sesuatu yg menindih tubuh smpe susah utk bernafas,saya coba rileks,tp lama2 seperti ada yg gelitikin,tak ada hentinya..di fase ini yg membuat saya ga tahan,berontak & teriak ingin cpt2 bangun & sadar..krn saya ga tahan kl digelitikin apalagi gelitikinnya tak ada berhenti2nya.. mohon sekiranya kl ada trik/tips buat melewati fase ini biar tidur saya nyaman.. mksh

  132. Unknown says:

    Halo. Saya termasuk orang yang mudah menghadirkan lucid dream dan sering mengalami deja vu dalam jumlah yg ga wajar. Saya tidak menganggap diri saya ini jago atau bisa meramal. Justru saya disini mencari bantuan untuk bisa menghindar atau meminimalisir lucid dream maupu deja vu karena terlalu mudah bagi saya dan terlalu sering terjadi. Saya bukan takut tidak bisa bangun atau apa, tapi saya takut ada jin yang mengendalikan mimpi saya dan deja vu akan merusak firasat saya. Saya kebetulan selalu mengalami lucid dream yang terlalu bagus hingga astral projection yg sangat nyata disemua indra saya, juga deja vu yang terlalu akurat bahkan saya ingat kapan saya memiliki mimpi tersebut sebelum akhirnya bisa jadi deja vu. Saya gamau sok sok mistis tapi apapun yang berbuah 'keenakan' dan seperti memiliki indra keenam belum tentu bisa dibilang hal yang baik bukan? Mohon bantuannya. Tapi saya gamau ke dukun atau orang pintar. Kalau ada pengobatan secara medis atau rawat jalan itu bakalan bagus buat saya. Psikiater juga jangan kalau bisa. Terima kasih.

  133. Unknown says:

    Ane udah bisa gan, setiap diniatin tidur sering berhasil, tp masih agak sulit mertahanin "ditindih" biar kita ga bangun beneran, soalnya agak sulit bedain mimpi sama beneran bangun (ane aja pernah mimpi dalam mimpi yang isinya mimpi, udah kayak film Incepti*n aje). Kuncinya klo mau bisa ngendaliin mimpi, pas tidur salah satu jari kalian tetep gerak tp pelan aja, biar kita ttp sadar pas tidur, klo udah biasa, tambah pke gerakan mata saat matanya ketutup. Jangan lupa imajinasiin sesuatu yg pngn kamu mimpiin. Ane cuma ngsih tutor yg ane pake dan berhasil ke ane gan :)

  134. Unknown says:

    Yg ane tau, proses awal lucid dream itu kyk ketindih, itu yg ane rasain selama ini. Ane blm prnh ngrasain ditarik di muka

  135. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  136. Unknown says:

    Bisa. Asalakan sambil tidur sama merem

  137. Unknown says:

    Kmu punya unsur indra ke 6 yg bisa aktif

  138. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  139. Unknown says:

    Setiap orang punya kelebihan masing2, nah kebetulan kmu ada kelebihan yang di berikan Maha Pencipta dr segi spiritual. Mnrut saya sendiri ga ada yg bisa menyembuhkan hal itu, apalagi klo didapet sejak lahir. Intinya kita hrus nerima dan membiasakan diri dan gunakan keadaan ini untuk semakin dekat kepada-Nya. Semangat ya :)

  140. Unknown says:

    Tipsnya? Hmmmmm
    Errr... apa ya?
    Oh iya
    "Dibiasain" 😂

  141. Unknown says:

    Iya itu LD, gravitasi bumi jadi ga normal

  142. Unknown says:

    Ini termasuk apa ya aku kok bisa nangis gitu tanpa sadar?

  143. Unknown says:

    Gunain alarm gan, itu bisa berguna buat mecah mimpi. Ane juga pernah ngeras solat subuh, eh ternyata itu cuma mimpi (sering bgt, bahkan belasan kali). Ane saranin alarmnya berulang jd g skali bunyi aja, jangan alarm yg 1x nyala terus, justru alrm kyk gitu bakal dibiasain tubuh kita secara otomatis dengan suara yg stagnan dan kita g akan bangun2

  144. Unknown says:

    Itu terjadi krn efek shock. Sebenarnya kita sebagai manusia belum 100% bisa mengendalikan tubuh sesuka hati, bahkan menurut Enstein kita cma bisa ngendaliin otak di bawah 10%, bagi saya itu fakta. Otak mengendalikan seluruh kinerja tubuh,termasuk pikiran, perasaan, gerakin mata, tangan dll. Sisanya tubuh ngelakuin sendiri secara otomatis kyk detak jantung, aliran darah, pertumbuhan kuku, dll dan itulah 90% kinerja otak dan tubuh yg sulit dan mungkin tdk bsa dikendalikan oleh orang biasa. Maha Besar Allah :)

  145. Unknown says:

    Imajinasi tiap org berbeda. Mungkin klo dibiasain seperti ngelamun, membayangkan sesuatu hal, mengingat gambar bsa melatih daya imajinasi kamu di mimpi

  146. Unknown says:

    Iya itu LD. Gravitasi jd tidak normal dan badan kyk ketindih. Jangan takut

  147. Unknown says:

    Subhanallah :) makasih jawabannya

  148. Unknown says:

    Errr..., ya itu ga gimana-gimana. Ya itu LD. Msu nanya apanya? 😅

  149. Unknown says:

    Mnrut ane, lucid dream emang ga mudah, kadang sy udah usaha tp sering gagal. Bukan cuma kurang rileks, gangguan dr luar juga bisa, kyk suara ketokan pintu, alarm, kipas angin yg kita denger pas kita tidur. Bisa juga kukuruyuk 😂

  150. Unknown says:

    Oke, tambahkan kata "jangan" sebelum kata "takut"
    Done... 😉

  151. Unknown says:

    Di deepweb gan 😂

  152. Unknown says:

    Jangan disalahgunakan ya 😊

  153. Unknown says:

    Imajinasi kmu kurang, ditingkatkan lagi biar bisa membayangkan sesuatu yg nyata

  154. Unknown says:

    Semangat ya, tingkatkan kedekatan kamu dengan Yang Maha Kuasa di bulan Ramadhan ini. Allah tau yg terbaik untuk hamba-Nya 😊

  155. Unknown says:

    Iya 😄 ini berarti aku kurang dekat dengan Allah kah? 😂

  156. Unknown says:

    Menurutku bukan, tp semakin dekat dg Allah bisa ngbuat kita lebih percaya diri dan ga ngrasa takut sama maklhuk bgituan. Kembali lagi, pada dasarnya kmu punya indera ke 6 yg kebuka, sdngkan orang biasa jarang yg terbuka jd sring ketemu kjadian kyk gitu. Dkt dengan Allah bukan sebuah cara, tp kewajiban (jujur saya sendiri msih bolong2 ibadanya, ini juga buat moyivasi saya sendiri 😅)

  157. Unknown says:

    Iyaa 😂.. Oh iya, ini sebnernya aku masih bingung, apa ada hubungannya hantu hantu yang kutemuin di mimpi itu sama kenapa aku nangis? Atau emang ini cuma ngelindur? Atau apa hantu yang dimimpi itu sebenernya ada?

  158. Unknown says:

    Waduh klo soal maklhuk astral gitu sy kurang tau, saya sendiri jujur blm prnh ngliat mklhuk kyk gitu seumur hidup, pling cuma kejadian benda jatuh atau sekelibet bayangan putih dkk. Cuma klo yg saya tau dr ceramah dan dosen, hantu di mimpi itu emang hntu beneran yg ganggu alam bawah sadar kita pas tidur, klo nangis itu menurutku emang ngelindur dan shock ketemu sama maklhuk itu, padahal dlm mimpi kmu ga takut atau ga nangis, tapi alam bawah sadar dan otak kamu memberi rangsangan rasa takut yg asli. Segala perasaan dalam mimpi biasanya cuma ilusi, bukan sifat asli kita, walau terkadang kita bisa ngendaliin prasaan kita tp g 100% tanpa kamu sadarin (pernah denger ada org tidur sambil jalan? Yup, itu ngelindur yang udah g kekontrol, bisa berbahaya klo ga dibatasin. Ga usah jauh-jauh deh, ngorok juga dilakukan secara ga sadar kan) jangan ngorok ya wkwkw

  159. Unknown says:

    Wkwkwk kalau ngorok kayaknya jarang 😂 yaudah kak.. Makasih atas jawaban jawabannya hehe.. Insyaallah bakal lebih mendekatkan diri sama Allah 😄

  160. Unknown says:

    Saya pernah ngalamamin waktu enak enak tidur tiba2 dlm mimpi saya itu saya berada di ruang hampa yg gelap trus saya merasa saya seperti jatuh dan itu gak ada ujungnya, dan tiba2 saya terbangun dan gak bisa gerak (sp?) tapi saya berontak karna keburu takut dan kepikiran kalau saya udan mati :v tapi gak bisa gerak juga,tiba2 badan saya kayak ditarik ke atas serasa pinggang saya (hanya pinggang yg saya rasakan) melayang layang diudara padahal saya bisa lihat kalo badan saya utuh di kasur dan itu rasanya lumayan sakit dan sesak nafas.
    Baru ini saya tau lucid dream, dan mau coba tapi binggung pas SP yg dimaksudkan dgn TENANG itu diem aja atau lanjut tidur?
    Trima kasih

  161. sulthan says:

    Gan, kalo ingin pake cara WILD itu harus dalam keadaan ngantuk atau langsung rilaks terus tidur?

    Tolong di balas gan

  162. sulthan says:

    Gan, kalo ingin pake cara WILD itu harus dalam keadaan ngantuk atau langsung rilaks terus tidur?

    Tolong di balas gan

  163. Unknown says:

    saya udh masuk ke tahap sp tapi di situ saya malah ngeliat makhluk/hewan yang ga jelas gitu lah :v trs entah kenapa saya ngelemparin air ke makhluk/hewan itu? tapi ini rasanya kok kayak deja vu ya?

    tolong dibales yang tau ini apaan? :V makasih buat yang ngejawab

  164. Unknown says:

    Mas saya mau Tanya pas saya mau coba saya mengalami seperti halusinasi yg dimna itu sama seperti yg saya rasakan saat demam tinggi pas masih kecil dulu seperti tangan saya membesar setiap memegang benda, apa ini termasuk fase Sp?

  165. Unknown says:

    Gan knp kalo mnuju black out susah banget.. waktu udah sp ane bilang gini "trnyata tubuh ane gabisa gerak, wah bntar lagi jatuh ke lubang hitam nih" udah ane tunggu ampe 3mnit an ttep gamasuk blackout.. malah tubuh ane udah bisa di gerakin lagi..

  166. Unknown says:

    gan lucid dream untuk kidal aman atau gk gan kalo boleh tau ?

  167. Unknown says:

    Bisa dibilang 'false Awakening'

  168. Unknown says:

    Wkwk...apa cm gue yg bc coment dr awal smpe sls... sangking asiknya cr tau tntg lucid dream....
    Waaahh... udh sering mah klu ngrasaain SP tp klu mnju ke LDnya gua g brni... hbs terkdang mpe sulit brnafas sgla ...jd mnding berhnti ...g mau mati sblm mnikah woyy....:v
    Tp bg kalian yg pgen tau cra cpt atau cm sekedar brkunjung ( cielah rumah nenek kalee berkunjung / GARIINNNNG !!!) izin nglucu dkit ya bang ...hihi kasian pengunjungx mukanya pd pucat smw gara mikirin yg aneh2...
    Klu mw ke SP ikutin bbrp tips gue...nih ( umm tp awas loh yg blm nikah mnding lu tdr yg normal2 aj deh... kasian ntr kebablasan mampus lu :v hihi just kidding)
    Hmmm... tp jgn dlakuin bwt yg dbwah umur y... takutnya blm siap ,
    Oke .. mulai yg
    Yg pertama hrs dlakuin sih klu gue y, tp klu lu mnding pke niat krn iman lu blm kuat....( g ush protes)gak usah pke niat sgla... udh lu mnding bgadang trus tdr dkamar lu yg sepi sendrian gtu ( g recomend bwt anak kosn hihi dlu gue pernh ngekos jd gue tau )
    Trus g usah nglakuin apa2 ttplah trjaga tanamkan dlm pikiran kamu... ( :v) helah iy dalam fikran lu pada untuk ttp trjga dan gak mw tdr... lawanlah rasa ngantuk itu... smpai lu g sadar bhwa ternyata lu udh ktdran dan masuk dlm fase SP dan silahkan berjuang...hiiiiiii atuuuuttttt haaaoooowwwwrrrrr... ( :/ GARING!!!) nyolot aj lu kamvret!!!)
    (
    Tp kbrhsilanx g 100% loh... mungkin hnya dibawahnya sedikit....
    Y skitar 5% lah... ( woy ...( ah diam lu)
    Smw trgntng dr prbdi msing2 ...


    ( woooooyyyyy gue kagak trima woy.... 5% lu blg dbwhx dkit dr 100% ...???? Bwh dkit muke lu empuk!!!) Hihi nih siap sih hadehhh... pke acr g trima sgla.... :p



  169. ralph says:

    Sekedar bagi pengalaman. Gw sering ngalamin lucid dream taun 2009 dulu, waktu itu gw ngga tau kalo itu namanya lucid dream. Gw ngga pake teknik aneh2, alami begitu aja. Entah kenapa sekarang ngga pernah lagi.
    Pertama kalinya gw inget, lagi baca tengkurap di lantai. Rasanya smooth aja, gw ngga tau kapan gua mulai tidur. Gw bangun, kos kosan sepi, padahal biasanya rame [gw kos waktu itu]. Gw ngeliat tekstur dinding agak aneh, menonjol2 gitu kaya bisul. Waktu gua keluar kos, rasanya kaget bgt, di sebrang jalan kok jadi laut. Gw panik. Apa gw gila? Akhirnya gw dibangunin sama temen gw. Mimpi itu rasanya nyata banget. Gw 100% sadar waktu mimpi itu.
    Hari2 selanjutnya jadi sering gw ngalamin, sampe akhirnya bereksplorasi di alam mimpi. Terbang, dll. Kalo dibilang mengendalikan mimpi, ngga sepenuhnya dan ngga selalu bisa. Beberapa kali gw ngimpi serem tapi ngga bisa ubah mimpi itu jadi bagus. Mimpi serem yg lucid, jauh lebih serem dari mimpi biasa. Gw pernah ngimpi dikejar2 kaki tanpa badan. Gw 'bikin' motor, tapi motor itu tiba2 hancur lagi dan kaki setan itu terus ngejar2.
    Entah kenapa sekarang gw ngga pernah lagi ngalamin lucid dreaming.

  170. Unknown says:

    Nah lucid dream baru masuk setelah tindihan mas.

  171. yaa, gua baca semua comment dr atas sampe bawah,asik sendiri baca bacain pengalaman orang soal ld, gua berkali-kali nyoba tapi gagal terus, pasti kebablasan deep sleep. dan gua juga kayaknya gabakal berani pas sleep paralysis.

  172. Unknown says:

    kalo mau mimpi kayak gituan juga bisa ya..?

  173. Unknown says:

    kalo mau mimpi kayak gituan juga bisa ya..?

  174. Unknown says:

    Ke atas bukit terus loncat :v

  175. Unknown says:

    Ke atas bukit terus loncat :v

  176. Apa cuma w yang sering ng lawan sleep paralys,biasanya pas w lagi nonton film dihp tapi ngatuk dan dipaksa2 in kadang sadar sadar udah sleep prlys emang ngeri sih yang gerak cuma mata,dan sering ane nglawan lepas lepas aj tuh tapi Atmosfer setelah bangun rada horor

  177. fiuh akhirnya ada pula artikel yang mengalami seperti aku bahkan pertama kali mengalami sleep paralysis ,kerasa ditahan serta suara horor dan rada sudah bangun dan memberontak sekuat tenaga akhirnya bangun,lalu saya searching google "kenapa terasa susah ketika banggun" akhirnya ketemu juga artikel beginian.Lega juga ternyata banyak juga orang yang mengalami sleep paralysis.Lagian ini pertama kalinya mengalami SP.Karena saking penasaran aku langsung download film Inception dan Lucid Dream :D .

  178. Unknown says:

    oh gitu ya , saya pernah ngalamin sleep paralyze , dan itu pas gua tidur , gua mimpi dan gua sadar gua lagi di tempat tidur , dan di ruang keluarga ada ibu,adek gua, pas gua mimpi itu ada sosok gmna gitu, gw takut , dan gua teriak minta tolong ibu gua , trus gua gerakin satupun anggota tubuh jga ga bsa , akhirnya gua baca taawudz,dan ayat kursi , trus bisa sadar lagi..

  179. nana says:

    Hai atok. Salam..
    Aku juga mengalami apa yg kamu alami. Tiap tidur aku bermimpi. Memang lelah kalau mimpinya menbutuhkan energi, karna mimpi kita seperti gidup d dunia nyata, jadi tidur rasanya kayak g tidur, jadi pas bangun juga capek. But it's ok, d nikmati aja, d syukuri, nanti lama2 juga kamu lebih bisa beristirahat meski bermimpi.

  180. Unknown says:

    Min ane kok pas sleep paralyze tuh selalu bangun ya?? Dan pernah udh ke proses kyk lubang hitam gitu kayak jatoh....dan itu pun setiap hari??? Gw pikir gw ditindihin setan

  181. Unknown says:

    Min ane kok Pas SP cuma sebentar dan gk ada yg aneh" tapi langsung kyk jatoh di lubang hitam gitu??? Dan gk ada yg gangguin?? Pas Udh masuk LD kok cuma sadar tapi badan gk bisa di gerakin??? Knp ya??? Tolong dijawab

  182. Kurni says:

    Pengen nanya mastah:v
    Gw pernah ngalamin sp nih trus yg gw rasakan emng bener tindih serta ada suara ngiing tapi ada rasa sakit diperut yaaaa sakitnya kaya diteken pake setelapak tangan dan itu sakit parah, coba ditahan malah sakitnya gk nahan
    Apakah yg gw alami itu wajar????

  183. Admin says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  184. Unknown says:

    buat yg anda mau mencoba/pengen tau lucid dream, caranya mudah. lucid dream itu kan mimpi biasa, tapi mimpi itu yg kita sadari.
    hampir tiap malam saya ngelucid, semua berawal dari sebuah kalimat kecil 5 tahun yg lalu sampai skrg lucid dream selalu terjadi pada saya. buat yg mau coba LD, silahkan ingat sebuah kalimat ini "jangan jangan ini mimpi?"

    sebut itu dimanapun, kapan pun, saat ngobrol sama teman, saat bercanda, nonton tv sendirian atau dikamar mandi.
    "jangan jangan ini mimpi?"

    usahakan kalimat tsb selalu ada dan muncul dalam pikiran. bayangkan setiap waktu dan setiap kegiatan.
    tak perlu lama2, nanti saat sudah +/ 2 minggu terbiasa seperti itu maka saat kamu BERMIMPI, kalimat tsb akan lewat terlintas dipikiran mu dan boom! kalian sadar kalo kalian sedang bermimpi.

    jangan panik, jangan bangun. beberapa teman saya langsung mendapati mimpi buruk seperti jantung yg meledak keluar, berenang dilaut dikejar ikan ganas, dll. semua tergantung pemikiran anda, jika anda yakin anda bisa terbang maka anda terbang. jika yakin sebentar lagi pujaan hati akan muncul maka ia muncul.tapi jika terlalu panik, bisa saja pujaan hati berubah muka menjadi mahkluk tanpa kepala yg mencekik anda.
    jika ini sudah terjadi maka anda akan berusahan mati2an untuk bangun dan masuk ke tahap yg namanya 'tindihan'.j ika sudah begini yakin saja dalam hati bahwa anda akan segera bangun dan semua ini hanya khayalan. beberapa bilang, gerakan ujung jari jempol dulu/gigit lidah untuk dapat bangun dari sleep paralysis. semua tergantung dari jalan pemikiran dan tingkat imajinasi masing2.

    semoga beruntung!

  185. Unknown says:

    anda ingin mencoba atau ingin mengetahui lucid dream? caranya mudah. lucid dream itu kan mimpi biasa, tapi mimpi itu yg kita sadari.
    hampir tiap malam saya ngelucid, semua berawal dari sebuah kalimat kecil 5 tahun yg lalu yg saya pikirkan dan sampai skrg lucid dream selalu terjadi pada saya. untuk anda yang ingin mencoba LD, silahkan ingat sebuah kalimat ini

    "jangan jangan ini mimpi?"

    sebut itu dimanapun, kapan pun, saat ngobrol dengan teman, saat bercanda, nonton tv sendirian atau dikamar mandi.
    "jangan jangan ini mimpi?"

    jadikan itu bahan candaan anda bersama teman2. usahakan kalimat tsb selalu ada dan muncul dalam pikiran. bayangkan setiap waktu dan setiap kegiatan.
    tak perlu lama2, nanti saat sudah +/ 2 minggu terbiasa seperti itu maka saat kamu BERMIMPI, kalimat tsb akan lewat terlintas dipikiran mu dan boom! kalian sadar kalo kalian sedang bermimpi.

    jangan panik, jangan bangun. beberapa teman saya langsung mendapati mimpi buruk seperti jantung yg meledak keluar, berenang dilaut dikejar ikan ganas, dll. semua tergantung pemikiran anda, jika anda yakin anda bisa terbang maka anda terbang. jika yakin sebentar lagi pujaan hati akan muncul maka ia muncul.tapi jika terlalu panik, bisa saja pujaan hati berubah muka menjadi mahkluk tanpa kepala yg mencekik anda.
    jika ini sudah terjadi maka anda akan berusahan mati2an untuk bangun dan masuk ke tahap yg namanya 'tindihan'.j ika sudah begini yakin saja dalam hati bahwa anda akan segera bangun dan semua ini hanya khayalan. beberapa bilang, gerakan ujung jari jempol dulu/gigit lidah untuk dapat bangun dari sleep paralysis. semua tergantung dari jalan pemikiran dan tingkat imajinasi masing2.

    semoga beruntung!

  186. Unknown says:

    tindihan itu adalah sleep paralyze, setelah itu baru lucid :D

  187. Unknown says:

    semua mimpimu dari pemikiranmu, kalo mimpi buruk artinya pikiranmu tentang hal yg buruk, cobalah menyukai hal yg positive mungkin akan membantu

  188. adistyawd says:

    pertanyaan nih
    1. bisa langsung masuk LD gak kalo misalkan tanpa sadar kita tetiba tindihan?
    2. semalem gue tindihan, udah niat mau LD, trus abis gitu kek tahap black out, item, tp gue sadar n bisa denger suara tv, itu emang tahap black out apa emg guenya udah kebangun ya? tp badan agak gak enak gitu, jd nya gue melek deh.

  189. MasLaras says:

    Syukurlah aku tidak sendirian. Lebih senang lagi ternyata ini adalah sesuatu yang wajar. Dulu saya senang sekali bermain-main dengan ini, terutama saat masih anak-anak. Bahkan saya bisa menerangkan atau menggelapkan tampilan mimpi saya seperti tv, ganti mimpi seperti ganti chanel tv, tapi banyak kemampuan itu sudah hilang karena saya sudah jarang melakukannya dengan sengaja / niat dari awal tidur. Itu karena saya sering bingung, ini mimpi atau bukan ya, sampai saya cubit diri saya sendiri, kalo sakit ya beneran he he he

  190. MasLaras says:

    http://catatanmaslaras.blogspot.co.id/2015/01/kemampuan-mengatur-mimpi.html

    itu pengalamanku selama ini. semua dimulai dari menghilangkan rasa takut pada mimpi buruk dengan kalimat: "ah ini hanya mimpi"

  191. Unknown says:

    Saya baru ngalami lucid dream tidak di sengaja semua indera terasa tpi aneh nya di mimpi tiba tiba berganti 3x mimpi pertama saya berubah menjadi monster disitu saya dengan jelas terasa sedang berjalan mencakar semua org tubuh terasa bergerak dan saya di fase paralyzed dan disitu saya sadar itu mimpi dan dan saya mencoba menggerakkan semua badan diistu semua terasa jelas namun badan masih terasa kesemutan seperti paralyzed. Kasih pencerahnya agan agan disini gmn belajarnya lagi

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 272   Lebih baru› Terbaru»

Leave a Reply

About Us:


Blog ini adalah wadah dunia maya bagi Lucid Dreamers Indonesia.
Bermula dari sebuah artikel pada salah satu forum ternama Indonesia yang akhirnya mengembangkan info dan terminologi Lucid Dream secara lebih luas. Yang pada akhirnya hal tersebut mempertemukan kami para dream bender's, yang memiliki pandangan, visi, dan misi yang sama atas arti seni dan kesenangan mengkreasi mimpi.


@ Indonesian Lucid Dreamer. Diberdayakan oleh Blogger.